5 Langkah Cara Mengganti Aki Mobil

5 Langkah Cara Mengganti Aki Mobil

Aki Anda sudah harus diganti? Jangan khawatir, kini Anda bisa menggantinya sendiri tanpa harus keluar dari bengkel. Ingin tahu cara mengganti aki mobil sendiri? Berikut ini kami akan coba jelaskan langkah-langkahnya.

1. Matikan Mesin Mobil Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum mengganti aki mobil adalah mematikan mesin mobil terlebih dahulu. Ini merupakan salah satu langkah pertama yang harus Anda lakukan pada saat ingin mengganti aki mobil.

Setelah Anda mematikan mesin mobil, setelah itu Anda biarkan selama kurang lebih 5 menit sebelum Anda mencopotnya.

2. Buka Kap Mobil Kemudian Lepaskan Terminal Negatif Aki

Setelah mematikan mesin mobil dan menunggu selama beberapa menit, kemudian silahkan Anda buka kap mobil. Setelah itu silahkan melepas terminal negatif aki Anda untuk menghindari adanya percikan api.

Setelah Anda melepaskan terminal negatif aki, kemudian Anda lakukan hal yang sama pada terminal positif aki.

3. Cabut Aki

Selanjutnya silahkan Anda langsung cabut aki yang ingin diganti. Cabut langsung dari tempat duduknya. Namun, hati-hati saat Anda mengangkatnya karena aki mobil bisa mencapai 20 kg lebih.

4. Membersihkan Dudukan Aki dan Kabel Terminal

Jangan lupa untuk membersihkan dudukan aki dan juga kabel terminalnya pada saat Anda akan menggantinya. Selain itu, bersihkan juga karat yang menempel. Anda bisa menggunakan sikat dan baking soda untuk membersihkannya.

Anda juga bisa menggunakan sikat kawat agar bisa membersihkan karat dan kotoran secara maksimal.

5. Memasang Aki Baru

Setelah 4 tahap di atas Anda selesaikan, silahkan Anda pasang aki yang baru. Usahakan kapasitas dan juga ukurannya sama sesuai dengan standar aki yang diberikan oleh pabrikan. Silahkan Anda pasang aki positif terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan terminal negatif.

Agar tidak berpotensi mengalami kerusakan, maka silahkan Anda pasang aki tersebut dengan posisi kutub yang baik dan benar. Posisi kutub tidak boleh terbalik agar tidak merusak komponen kelistrikan aki.

Itulah 5 langkah penting cara mengganti aki mobil yang sangat mudah sekali Anda aplikasikan sendiri di rumah. Silahkan Anda ikut langkah-langkah di atas agar proses penggantian aki menjadi lebih optimal. 

0 komentar:

Posting Komentar