Pada awal pemanfaatannya, barcode aktif dan umum digunakan oleh perusahaan retail. Kini, hampir semua industri memakai label barcode untuk meringankan pekerjaan mereka. Permasalahannya, sudahkah Anda memahami kelebihan menggunakan barcode? Atau justru masih tertatih-tatih mempelajari seluk beluk mengenai produk tersebut.

4 Kelebihan Label Barcode untuk Bisnis

Di zaman modern ini, bisnis harus sejalan dengan teknologi. Sebelumnya, Anda mungkin puas dengan pencatatan produk secara manual tapi sekarang ada barcode yang bisa meringankan segalanya. Selengkapnya mengenai macam-maca kelebihan barcode simak berikut ini:

1.Mendata Banyak Produk dengan Efisien dan Mudah

Manajemen pengaturan barang merupakan salah satu kegiatan yang menyita banyak waktu serta tenaga. Semakin besar skala perusahaan artinya semakin banyak pula data yang perlu diatur dan kontrol secara berkala. Hal yang sama juga berlaku dengan identifikasi produk.

Perusahaan yang melahirkan banyak produk membutuhkan pemetaan informasi supaya akses data menjadi lebih mudah dan efisien. Itulah mengapa Anda perlu menggunakan barcode. Teknologi ini mampu mendata satu hingga jutaan produk dengan baik, mudah dan efisien. Data yang tersimpan dalam barcode pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan produk maupun perusahaan. 

2.Meringankan Biaya Produksi Perusahaan

Bila dikalkulasikan dalam bentuk angka, biaya perusahaan untuk mencatat produk secara manual jauh lebih besar daripada pemanfaatan barcode. Biaya tersebut meliputi pembelian perlengkapan tulis, tenaga kerja dan sebagainya. Lantas, bagaimana jika suatu perusahaan memiliki ribuan produk yang harus tercatat?

Barcode membuat semuanya menjadi lebih mudah. Tenaga kerja yang biasanya harus melakukan pencatatan secara manual sekarang bisa beralih memakai barcode. Cara mengoperasikan software dan printer barcode pun sangat mudah. Terlebih, teknologi printer barcode mengalami peremajaan dari waktu ke waktu. 

Biaya produksi yang awalnya sangat besar bisa berangsur-angsur berkurang. Kelebihan dana yang tersedia bisa Anda alokasikan untuk pemanfaatan perusahaan termasuk mensejahterakan karyawan. 

3.Membantu Pelacakan Informasi Suatu Produk

Barcode memiliki sejumlah kelebihan salah satunya adalah membantu mempercepat proses pelacakan informasi suatu produk. Hal ini tidak mustahil terjadi karena barcode memiliki kemampuan untuk membaca dan menyimpan informasi mendetail suatu produk. 

Apa saja informasi yang tersimpan pada barcode? Seperti bahan baku produk, tanggal kadaluwarsa dan berbagai informasi pendukung lainnya. Informasi tersebut terkadang dibutuhkan oleh perusahaan untuk kelancaran bisnis mereka.

4.Mengontrol Persediaan Barang dengan Tingkat Akurasi Tinggi

Kontrol persediaan barang tidak hanya membantu perusahaan mengeluarkan barang yang sudah kadaluwarsa tapi juga menghitung berapa banyak barang keluar masuk setiap harinya. Cara termudah untuk melakukan kegiatan tersebut adalah memanfaatkan barcode.

Hasil pemeriksaan dan kontrol persediaan barang dengan barcode memiliki tingkat akurasi paling tinggi daripada pencarian manual. Cara ini juga lebih efektif jika perusahaan membutuhkan data dalam waktu singkat.

Semakin Anda mempelajari barcode semakin banyak pula manfaat dan kelebihan yang akan Anda temukan dari produk tersebut. Sama halnya dengan Kahar Duta Sarana selaku perusahaan yang berkontribusi tinggi dalam menghadirkan layanan atau jasa barcode di Indonesia.

Melalui Kahar Duta Sarana, Anda dapat membeli printer barcode berkualitas tinggi demi memenuhi kebutuhan perusahaan. Printer yang disediakan Kahar Duta Sarana adalah printer terbaik yang memiliki kecepatan tinggi untuk mencetak barcode. Cek dan lihat info lengkap seputar produk di https://kdslabel.co.id/id/produk/category/barcode-printer.