Tips Merawat Tas Kanvas Biar Awet

Tips Merawat Tas Kanvas Biar Awet

Perawatan pada barang-barang yang kita beli dan pakai sudah menjadi keharusan. Untuk mengurangi biaya kalau barang itu rusak dan malah harus membeli barang yang baru.

Kanvas merupakan salah satu bahan yang sering kita temui dalam bentuk tas. Merawat tas berbahan kanvas ternyata punya trik tersendiri, lho. Terutama jika kita ingin tas kanvas kita lebih awet.

Admin Lifestyle berbincang dengan Presi Mandari, founder label tas kanvas Sackai Bags beberapa waktu lalu. Presi sempat berbagi tips perawatan tas kanvas yang bisa kamu terapkan di rumah:

1. Dilap dengan kain basah

Gunakan kain basah bersih untuk mengelap permukaan tas kanvas. Hal ini dilakukan agar debu dan kotoran yang menempel pada permukaan tas hilang.

Dianjurkan mengelap tas secara rutin setiap setelah digunakan.

"Kalau rajin, sehari sekali dibersihkan lalu dijemur sebentar," kata Presi.

Jangan biarkan debu atau kotoran menempel terlalu lama pada permukaan tas kanvas. Sebab, semakin lama kotoran menempel akan semakin sulit dibersihkan pula. Apalagi jika bahan kanvas yang digunakan memiliki serat kain yang rapat.

2. Cuci dengan sabun

Agar lebih bersih, kamu juga bisa mencuci tas kanvasmu menggunakan sabun. Gunakan sabun yang lembut, seperti sabun bayi. Jangan gunakan deterjen atau sabun cuci lainnya yang terlalu keras.

Lap dengan kain lembut dan jangan digosok terlalu keras agar gambar (jika ada) pada permukaan tas tidak terkelupas.

Seri Sackai Bags Humpback Whale.dok. Sackai Bags Seri Sackai Bags Humpback Whale.

3. Jangan rendam dalam air atau mesin cuci

Sama seperti menggosok tas terlalu keras, merendam tas kanvas juga bisa membuat gambar terkelupas.

Jangan pula mencuci tas dengan memasukannya ke mesin cuci. Sebab, tas akan sulit dibersihkan karena busa akan masuk ke sela-sela tas.

Warna tas juga bisa pudar jika dicuci dengan mesin cuci. Sebetulnya, hal ini tergantung pada kualitas bahan kanvas yang digunakan.

"Kami pernah coba pakai kanvas tenunan, dia bahannya tidak rapat dan gampang sekali pudar," kata Presi.

4. Jangan terpapar matahari terlalu lama

Presi juga menyarankan agar tas kanvas tidak dipakai sambil terpapar matahari dalam waktu lama dan sering.

Sebab, katun memiliki sifat mudah pudar, meskipun beberapa tas kanvas yang beredar di pasaran menggunakan kanvas kualitas tinggi yang tingkat kepudarannya rendah.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar