Nutrisi yang dibutuhkan Anak untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Kesehatan Tulang dan Gigi

Salah satu yang penting pada masa tumbuh-kembang anak yaitu memonitor pertumbuhan tulang dan giginya. Anak yang memiliki tulang dan gigi kuat, maka akan mendukung fisiknya untuk tumbuh kuat pula. Cara cerdas yang harus dilakukan orang tua yaitu dengan memberikan vitamin ostelin kid untuk kesehatan gigi dan tulang sikecil.

Ada beberapa faktor yang sangat memengaruhi pertumbuhan tulang dan gigi anak. Faktor itu terdiri dari genetik, status gizi, sosial ekonomi, hormonal, jenis kelamin dan nutrisi. Biasanya, anak dengan status gizi yang baik, maka pertumbuhan gigi permanennya akan berjalan normal. 

Sedangkan pada anak-anak dengan obesitas, pertumbuhan giginya cenderung lebih cepat karena mengalami overnutrisi. Sementara, bagi mereka yang kekurangan gizi kronik pada anak-anak usia dini dapat menyebabkan tertundanya erupsi gigi dan beragam masalah lain.

Untuk memastikan tulang dan gigi anak berkembang dengan baik maka orang tua wajib memberikan nutrisi yang tepat.  Nah, setidaknya ada beberapa nutrisi penting yang harus diberikan kepada anak sejak dini. Diantaranya adalah.

Karbohidrat

Karbohidrat yang baik adalah yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran. Manfaatnya adalah membersihkan gigi dari plak dan karies. Di sisi lain, ada pula karbohidrat yang malah merusak gigi dan membentuk karies, seperti tepung-tepungan dan gula atau makanan manis.

Kalsium

Kalsium merupakan bahan utama pembentukan dentin dan email gigi. Sumber kalsium bisa didapat dari ikan, susu, kacang-kacangan, sayuran, dan keju.

Magnesium

Magnesium bermanfaat untuk mencegah kerusakan gigi dengan menahan kalsium di email gigi. Makanan yang tinggi kalsium di antaranya bayam, whole wheat bread, nasi merah, dan kacang tanah.

Vitamin D

Vitamin D bermanfaat untuk menyerap kalsium untuk membangun tulang dan gigi yang kuat. Nah, jika anak kekurangan vitamin D maka selain tulang dan giginya lebih mudah bermasalah, ia juga rentan terkena rakhitis dan tidak memiliki tinggi badan maksimal.

Vitamin A

Anda mungkin tidak pernah mengira kalau vitamin A masuk dalam serangkaian cara mengobati sakit gigi. Ya, selain membantu meningkatkan kesehatan mata, vitamin ini ternyata juga baik untuk mencegah kerusakan gigi.

Vitamin ini membantu menjaga selaput lendir yang melapisi gusi dan pipi, sehingga melindungi anak dari risiko berbagai penyakit gigi dan mulut. Vitamin ini berlimpah pada buah dan sayur yang berwarna orange, seperti wortel, paprika, dan ubi jalar.

Vitamin C

Cara mengobati sakit gigi lainnya adalah pastikan kalau asupan vitamin C terpenuhi dengan baik. Vitamin C membantu memperkuat jaringan ikat gusi. Jika gusi memiliki jaringan yang lemah, maka gusi akan lebih mudah goyah, berdarah, dan rentan terhadap berbagai penyakit gusi lainnya.

Itu sebabnya, makanlah banyak buah jeruk, tomat, paprika, brokoli, kentang, dan bayam untuk mendapatkan asupan vitamin C yang berlimpah.

Serat

Menurut penelitian, mengonsumsi makanan kaya serat dapat membantu menjaga kebersihan gigi dan gusi dengan cara merangsang produksi air liur di dalam mulut. Sekitar 20 menit setelah selesai makan, air liur akan mulai bekerja untuk membersihkan bakteri dan partikel makanan yang merusak gigi.

Beberapa sumber makanan tinggi serat yang baik dikonsumsi untuk kesehatan gigi di antaranya apel, pir, alpukat, kelompok buah beri (stroberi atau rasberi), pisang, wortel, dan sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan daun kale.

Fosfor

Selain kalsium, anak juga membutuhkan fosfor untuk mendukung pertumbuhan tulang dan giginya. Fosfor akan membuat asam basa di dalam tubuh seimbang sehingga proses pembentukan tulang dan gigi memiliki kadar kekuatan yang normal.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar