4 Tips Konsumsi Kopi untuk Alternatif Menurunkan Berat Badan

Konsumsi Kopi

Kopi adalah sajian yang pas untuk semua kalangan. Tidak hanya kopi hitam saja, saat ini sudah banyak varian kopi yang diproduksi perusahaan-perusahaan pembuat kopi instan yang mudah untuk diminum, seperti Nescafe tanpa ampas. Itu artinya Anda tak perlu lagi menyaring kopi hanya karena takut terminum ampasnya. Rasa kopi pun tak hanya pahit, asam, manis saja. Misalnya vanilla, milkshake, cappucino, moccacino, bahkan avocado.

Kopi biasanya dinikmati pagi hari untuk sebagian besar pria, atau boleh juga dinikmati pada sore hari sambil bersantai. Biasanya, kopi dikonsumsi untuk mengurangi rasa kantuk di siang hari. Namun sekarang, kopi sudah menjadi minuman yang familiar di kalangan remaja. Terbukti dengan banyaknya kedai kopi yang sudah tersedia.

Kopi untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi wanita, kopi pun tak kalah diminati. Biasanya para wanita bersantai atau sekedar ngobrol bersama teman dengan menikmati secangkir kopi di kedai kopi atau membuat kopi instan sendiri di rumah. Rasanya yang nikmat tentu menjadi faktor utama minuman ini digemari banyak kalangan. Namun tahukah Anda kalau kopi juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menurunkan berat badan atau diet? Simak beberapa informasi berikut ini.

1. Minum Kopi Tanpa Gula

Bagi sebagian wanita memang rasanya kopi hitam tanpa gula kurang digemari, ini karena rasanya yang asam dan pahit. Namun jika ingin menurunkan berat badan, ada baiknya Anda mengkonsumsi kopi tanpa gula. Mengkonsumsi kopi instan seperti Nescafe tanpa ampas dibolehkan, asal tidak terlalu sering.

2. Pilihlah Jenis Biji Kopi

Kandungan dalam biji kopi yang disebut asam chlorogenic dapat memecah lemak dan memperlambat penyerapan karbohidrat. Jika ingin berat badan cepat turun, pilihlah jenis kopi dengan teknik “light roast”, bukan “dark roast”, karena pembuatan dengan teknik dark roast dapat membuat biji kopi terpapar panas. Hal ini akan akan menurunkan kandungan zat asam chlorogenic yang ada.

3. Sajikan Kopi dalam Keadaan Hangat

Penyajian kopi hangat dapat lebih diserap oleh tubuh dengan baik dibandingkan kopi yang dingin. Aturlah suhu air agar tidak terlalu panas, karena hal itu dapat menyebabkan kandungan asam chlorogenic berkurang.

4. Minum Kopi Secukupnya

Saat berdiet, pastikan untuk minum kopi secukupnya, sekitar satu sampai dua cangkir kecil per hari. Berikanlah jeda saat minum kopi sekitar 3-4 jam. Jangan terlalu banyak meminum kopi karena hal itu dapat mengganggu sistem pencernaan Anda.

Itulah beberapa aturan dalam meminum kopi saat diet. Jika diikuti dengan baik, Anda akan kehilangan berat badan dalam waktu singkat. Cara sederhana ini juga sangat mudah untuk Anda ikuti, karena tidak memakan waktu lama bagi Anda untuk minum kopi di pagi hari.

Jika Anda tidak suka kopi hitam, sesekali Anda juga boleh mengkonsumsi kopi-kopi instan dengan berbagai jenis rasa seperti Nescafe tanpa ampas atau white coffee. Namun tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya terlalu banyak dikarenakan jumlah gula dalam kopi instan dapat membuat tubuh Anda semakin berlemak.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar