8 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Beras

8 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Beras

Nasi menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Ini didukung oleh ungkapan yang berbunyi, “belum terasa makan kalau tidak makan nasi”. Namun, makanan pokok ini sering dihinggapi kutu yang sangat mengganggu. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika beras ini dihinggapi kutu karena harga beras 5 kg tidaklah murah.

Menghilangkan Kutu Beras

Beras yang sudah ada kutunya akan mengurangi kualitas beras itu sendiri, baik dari nutrisi maupun teksturnya. Oleh karena itu, menjaga beras agar tidak dihinggapi kutu sangatlah penting. Agar cara yang dilakukan tidak salah, ikuti tipsnya di bawah ini.

1. Simpan di Tempat yang Bersih

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyimpan beras di tempat yang bebas dari kotoran. Simpan beras di tempat yang bersih, tidak lembab, dan harus kedap udara. Kutu beras tidak akan betah untuk mendekati ataupun berkembang biak di dalam kondisi tersebut. Jika perlu, simpan persedian beras Anda di lemari khusus penyimpanan beras.

2. Menggunakan Daun Pandan

Daun pandan terkenal dengan baunya yang wangi dan sering digunakan untuk pembuatan kue sebagai penguat rasa. Wangi daun pandan sangat tidak disukai kutu beras, sehingga kutu pun akan pergi dengan sendirinya. Cara menggunakannya, yaitu dengan menyimpan daun pandan di atas beras. Selain ampuh untuk mengusir kutu beras, daun pandan pun akan membuat beras menjadi wangi dan saat dimasak pun akan terasa nikmat.

3. Menggunakan Daun salam

Daun salam sering digunakan sebagai penyedap alami di setiap masakan. Daun salam juga dikenal ampuh untuk mengusir kutu beras. Cukup dengan menyimpan daun  pandan di atas beras dan kutu beras pun akan pergi dengan sendirinya. Gunakan beberapa lembar daun salam untuk seharga beras 5 Kg.

4. Menggunakan Kayu manis

Kayu manis juga cukup ampuh untuk mengusir kutu beras. Caranya, simpan kayu manis secukupnya pada permukaan beras ataupun di bagian dalamnya. Jika tidak suka dengan bau-bau yang menyengat, Anda bisa menyimpan kayu manis di dalam wadah atau plastik.

5. Menggunakan Penutup Kain basah

Simpan beras yang terkena kutu di dalam sebuah wadah dan tutuplah dengan kain basah. Cara ini terbilang cukup ampuh karena kutu beras merasa tidak nyaman saat berada di lingkungan yang terlalu lembab. Kutu akan merangkak ke atas wadah dan akan terjebak pada kain basah yang diletakan di atas sebagai penutup wadah tersebut.

6. Perpaduan daun serai dan daun nangka

Racikan daun serai dan nangka sangat efektif mengusir kutu beras. Perpaduan ini sering digunakan saat zaman dahulu untuk mengusir kutu beras. Caranya, yaitu dengan menyimpan daun serai dan  daun nangka secukupnya disekitar beras ataupun di atas permukaan berasnya.

7. Suhu panas 

Kutu beras tidak akan tahan dengan suhu yang panas ataupun dingin. Jika Anda lupa untuk menyimpan daun-daunan ataupun biji-bijian yang berbau khas, langkah yang bisa dilakukan, yaitu menyimpannya di bawah terik matahari. Namun, jangan terlalu lama disimpan di bawah sinar matahari. 1 jam sudah cukup.

8. Suhu dingin

Jika kutu beras tidak terlalu banyak, Anda bisa menyimpannya di kulkas. Suhu dingin bisa  membuat kutu beras akan merasa terancam, dan mereka akan pergi dengan sendirinya bahkan mati di dalam beras tersebut.

Itulah delapan cara mudah menghilangkan kutu beras. Jika Anda ingin mengetahui harga beras 5 kg, segera cek toko online. Harganya tentu saja lebih murah dibanding Anda membelinya di supermarket. So, beli beras online aja, yuk!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar