4 Tips Memilih Platform Asesmen Terbaik

4 Tips Memilih Platform Asesmen Terbaik

Assesment platform seperti smART dari ASI Asia Pacific memang ditujukan untuk memudahkan proses perekrutan kandidat karyawan maupun penilaian kinerja karyawan oleh perusahaan. Platform ini memiliki keunggulan dari segi finansial, waktu, maupun sumber daya. Dengan memanfaatkan platform ini, perusahaan tak perlu lagi menganggarkan dana untuk kebutuhan administratif perekrutan maupun peninjauan kinerja karyawan. Selain itu, perusahaan juga dapat menghemat proses panjang perekrutan dan peninjauan karyawan dengan bantuan support team dari platform ini, tanpa melibatkan banyak karyawan perusahaan lagi. Nah, seperti apakah kriteria platform asesmen yang baik? Simak ulasannya dalam artikel berikut.

1. Kemudahan untuk Mengatur Asesmen 

Platform asesmen hadir untuk memudahkan proses rekrutmen perusahaan. Sehingga, kemudahan pengaturan asesmen memang perlu diperhatikan. Artinya adalah Anda perlu memastikan apakah pemberi layanan asesmen bisa mengatur asesmen tersebut sesuai kebutuhan perusahaan maupun jenis pekerjaan. Pengaturan tersebut sangatlah penting agar memberikan hasil sesuai harapan. 

2. Kemudahan Pengaksesan Data 

Tips kedua yaitu memperhatikan kemudahan akses data sebelum, saat, dan sesudah asesmen dilakukan. Sebab, kemudahan akses merupakan kunci utama  penggunaan platform asesmen. Maka dari itu, ada baiknya Anda memastikan platform asesmen memudahkan proses rekrutmen, mulai dari mengakses data para kandidat karyawan hingga data hasil ujian mereka. Platform asesmen yang bagus akan menyediakan layanan otomatis untuk penilaian, membuat peringkat, serta memberi rekomendasi kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Walhasil, proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat. 

3. Kecerdasan Platform 

Kecepatan, akurasi, dan penilaian objektif merupakan tiga kelebihan platform asesmen dibandingkan pengerjaan manusia. Ketiga hal inilah yang membuat proses rekrutmen menjadi semakin efisien. Untuk memperoleh berbagai kelebihan tersebut, Anda perlu memilih platform asesmen yang mempunyai sistem kecerdasan buatan tinggi. Beberapa platform asesmen, bahkan, juga sudah dilengkapi respons bias yang dapat mendeteksi adanya kejanggalan saat pengerjaan tes dan memastikan jawaban peserta benar-benar akurat. Pemilihan platform dengan tingkat kecerdasan buatan yang tinggi juga dapat membantu memastikan bahwa proses rekrutmen berjalan netral. 

4. Dukungan dari Penyedia Layanan 

Penilaian lewat asesmen online memang tidak dilakukan dengan bertatap muka secara langsung. Tentu konsep ini terdengar efisien. Namun, dukungan dari penyedia layanan berupa tim teknis tak boleh alpa. Untuk itu, carilah platform asesmen yang akan membantu kandidat maupun Anda selaku bagian dari perusahaan terkait hal-hal teknis pengerjaan maupun pengolahan data asesmen.

Itu dia 4 tips memilih platform asesmen terbaik. Dengan memilih platform yang tepat, asesmen dapat berjalan lancar, efektif, dan memberikan hasil yang lebih akurat. Semoga bermanfaat.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar