tribunnews.com

Perhiasan berlian wanita menjadi salah satu kebutuhan penting dari sisi psikologis bagi kaum perempuan. Keberadaan perhiasan dalam kehidupan seorang wanita menjadi penanda eksistensi sekaligus menjadi indikator status kelas sosial dalam pergaulan sehari-hari.

Selain itu, perhiasan baik emas, berlian hingga mutiara juga membuat penampilan seorang wanita tampak lebih elegan sekaligus anggun, karena salah satu fungsi perhiasan adalah untuk menunjukkan kesan feminis bagi seorang perempuan.

Dan, dari sekian banyak perhiasan itu, berlian menjadi salah satu perhiasan yang paling banyak diminati oleh kaum perempuan, karena selain memiliki nilai yang tinggi, berlian juga mampu membuat siapapun penggunanya terlihat lebih memukau dan berbeda.

Fungsi Perhiasan Berlian Wanita

Saat ini mengenakan perhiasan khususnya berlian tak hanya dilakukan pada momen-momen tertentu saja tapi juga pada beberapa wanita bahkan digunakan setiap hari terlebih lagi bagi wanita karir.

Hal ini karena berlian memiliki fungsi yang tak hanya sekedar menunjukkan status sosial seseorang tapi juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup bagi seorang wanita.

Terlebih lagi, berlian saat ini sudah tidak lagi dianggap sebagai barang yang mewah sekaligus mahal sehingga fungsinya tak hanya digunakan pada saat aktivitas formal saja tapi juga kegiatan non formal.

Memilih Desain Berlian yang Tepat

Saat ini ada begitu banyak jenis baik koleksi maupun desain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan hingga karakter penggunanya. Meskipun pada umumnya berlian akan terlihat lebih menonjol ketika digunakan pada desain cincin dan kalung.

Namun, beberapa pengrajin berlian kenamaan juga memodifikasi desain berlian untuk penggunaan seperti liontin, anting hingga gelang yang bertahtakan berlian.
Semua jenis desain berlian tersebut sama-sama memiliki kemampuan untuk memberikan tampilan yang berbeda, menawan hingga terlihat lebih elegan dan anggun bagi kaum perempuan yang menggunakannya.

Cincin (Ladies Ring)

Ada beragam jenis desain cincin yang bertahtakan berlian dengan bentuk yang menarik bahkan hingga dibuat dengan desain secara khusus (custom) sesuai dengan keinginan penggunanya.

Cincin yang menjadi perhiasan berlian wanita ini pun umumnya akan dibalut dengan emas 24 karat maupun bahan lainnya seperti titanium agar terlihat lebih mewah dan berbeda. Biasanya cincin berlian ini digunakan untuk melamar atau bahkan digunakan untuk aktivitas baik formal maupun non formal.

Kalung (Necklace)

Kalung berlian juga menjadi perhiasan yang paling banyak digunakan oleh kaum perempuan. Dengan berbagai desain bentuk yang menarik sekaligus kekinian membuat pengguna kalung berlian terlihat anggun.

Kalung berlian banyak dimanfaatkan sebagai hadiah bagi orang terkasih, baik pasangan, istri hingga orang tua karena berlian dianggap memiliki nilai yang tinggi sehingga sangat pas jika diberikan kepada orang yang spesial pula.

Liontin (Pendant)

Liontin berlian adalah desain perhiasan yang memanfaatkan berbagai bentuk berlian. Liontin juga bersifat fungsional karena bisa ditempatkan di kalung maupun di gelang.

Bentuk desainnya pun beragam mulai dari bentuk bulat, kotak hingga bahkan ada liontin berlian yang berbentuk kunci dengan permukaan yang ditaburi berlian berbentuk kecil sehingga terlihat lebih berkilau dan mewah.

Gelang (Bracelet)

Perhiasan berlian wanita selanjutnya adalah gelang berlian. Gelang adalah perhiasan pelengkap pada bagian pergelangan tangan wanita. Penggunaan gelang berlian terbukti efektif membuat penampilan wanita terlihat lebih menawan sekaligus feminin.

Bentuk desain gelang berlian juga saat ini amat beragam variasinya, mulai dari desain yang simpel hingga yang dibuat secara khusus (custom).

Anting (Earings)

Desain anting yang bertahtakan berlian saat ini sudah banyak digunakan oleh kaum perempuan. Bentuknya pun relatif variatif seperti bentuk round, baguette, pear hingga marquise namun tak menutup kemungkinan desain dalam bentuk lain sesuai dengan kesukaan penggunanya.

Anting berlian juga membuat tampilan wanita pengguna terlihat lebih anggun sekaligus indah dan berbeda dengan wanita lainnya.

Pada prinsipnya, meskipun perhiasan berlian wanita menjadi bagian dari kebutuhan sekunder namun dari sisi psikologis berlian mampu memberikan efek psikologis yang positif bagi wanita penggunanya.

Informasi lebih lanjut untuk mengenal fungsi dan memilih desain perhiasan berlian wanita, Bisa kamu dapatkan melalui laman ladiestory.id.